Rekomendasi Menjadi Blogger Kaya:

Saturday, September 6, 2008

Kenalilah NAPZA dengan Benar!

Oleh: Arda Dinata
http://ardaiq.blogspot.com

BANYAK orang tua yang punya anak usia remaja merasa khawatir terhadap kondisi peredaran narkoba saat ini. Pasalnya, pada usia remaja dan dewasa muda (16-23 tahun) itulah usia pertama kali menggunakan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lain) terbanyak.

Buktinya, data dari Polwiltabes Bandung menyebutkan dalam lima bulan terakhir (Juni 2003), telah menangani 63 kasus narkotika dengan 132 tersangka dan 34 kasus psikotropika dengan 53 tersangka adalah usia produktif (17-45 tahun). Sehingga cukup beralasan statmen dari ketua DPD Granat Jawa Barat, seperti yang disampaikan Wenda Safitri Aluwi, SH., selaku Kepala Biro Pelayanan Masyarakat bahwa “Tidak ada satu RW pun di Kota Bandung yang tidak ada pengguna Narkoba.”

Hal senada juga diungkapkan dr.Teddy Hidayat, SpKJ (Psikiater), ternyata penyalahguna NAPZA menembus batas area (tidak satupun daerah yang terbebas dari penyebaran NAPZA baik di kota maupun di desa), status sosial ekonomi, tingkat pendidikan, dan profesi (pengangguran, pelajar, mahasiswa, pengusaha, birokrat, keamanan bahkan dokter pun ada).

Dari hasil wawancara diketahui bahwa alasan tersering mereka menggunakan NAPZA adalah terbawa teman dan untuk menghilangkan perasaan bosan, jenuh dan gelisah. “Sebenarnya ada 3 faktor penyebab orang menggunakan NAPZA yaitu faktor internal dari dirinya sendiri yang lemah, pola asuh dari keluarga yang tidak baik, dan faktor lingkungan. Yang terakhir inilah kelihatannya yang paling dominan,” ungkap Wenda.

Adapun upaya penanggulangannya, semua itu perlu sebuah pendekatan yang menyeluruh (holistik) antara lain berupa upaya promotif, preventif dan edukatif. Upaya promotif diarahkan pada kombinasi faktor pemakai dan lingkungan. Sedangkan upaya preventif perlu memperhatikan apa yang disebut ‘gate way’ seperti rokok, mariyuana, dan alkohol yang lebih dulu digunakan sebelum menggunakan zat psikoaktif lain yang lebih berat perlu dicegah.

Secara edukatif, bagi remaja dan orang tua carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang NAPZA dari berbagai sisi. Sebab kalau sudah mengetahuinya dengan benar, maka kita akan mengatakan tidak ada efek baik sedikit pun dari NAPZA itu. Semuanya merusak. Anda peduli, maka lakukanlah!***[Arda].

Penulis Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia.

No comments: